Kita Itu Bumi?

Kita Adalah Bumi


Assalamualaikum,

Kali ini selagi ada kesempatan gue akan coba bahas tentang bumi tempat singgah sana kita sementara yang nantinya akan kembali lagi ketempat asalnya yaitu akhirat.

Apa sih yang kalian ketahui tentang bumi?

Yap, bumi tempat kita memulai awal hidup baru kita no. 2

"Ko nomer 2?"

Ya nomer 2, kenapa saya bilang nomer 2? Karena manusia itu hidup 4 alam yaitu :

1. Alam Rahim
2. Alam Lahir (Dunia)
3. Alam Barzakh (Kubur) dan yang terakhir
4. Alam Akhir (Akhirat)

Sebelum kita mulai pembahasan tentang kita ini adalah bumi gue akan mengajak sobat semua mengetahui apa aja sih yang ada di bumi kita ini?

Dari pengetahuan yang saya punya ada banyak makhluk yang tinggal dibumi diantaranya :

1. Manusia
2. Binatang/Hewan
3. Iblis/Setan
4. Malaikat

Diantara 4 penghuni bumi ini itu semua ada di diri kita dan semua masuk dalam kategori sifat, mengapa begitu? Karena manusia itu pada dasarnya diberikan akal fikiran, hawa nafsu oleh Tuhan.

Gue akan bahas satu persatu tentang 4 sifat ini supaya sobat lebih paham dan mengerti ko bisa 4 sifat diatas seperti : Manusia, Hewan, Iblis, Malaikat, itu ada pada diri kita. Langsung aja kita mulai dari :

1. Manusia : Sifat manusia ini asli dan murni sifat asli kita, dari mana kita tau? Saya akan ambil contoh. Pernah ga sobat merasa kasihan tidak tega dan rasa ingin membantu teman atau saudara kita yang sedang kesulitan atau butuh bantuan kita? Pasti pernah, ini adalah salah satu contoh sifat Manusiawi yang ada dalam diri kita dan itu mutlak ada dalam setiap diri manusia itu sendiri.

2. Hewan : Sifat hewan ini juga ada dalam diri manusia, mengapa begitu? Sifat hewani pada manusia itu emang ada kita bisa ambil contoh dari hewan kucing kita bisa perhatikan kucing tersebut kita lihat dan perhatikan kucing kawin dimana-mana, ga mandang mukhrim atau bukan, setiap ada makanan yang enak dia akan berebut sampe melukai kucing yang lain demi dapetin makanan atau bahkan mencuri makanan tersebut dan membawanya pergi. Itu semua wajar karena kucing tersebut tidak memiliki akal & fikiran. Tapi bagaimana jika manusia bersifat seperti itu? Zinah dimana-mana, tidak peduli mukhrim atau bukan, mencuri yang bukan hak nya, melukai atau bahkan membunuh sesama manusia demi mendapatkan sesuatu yang di inginkannya. Karena banyak kejadian tersebut kita saksikan langsung atau di televisi pencurian dimana-mana, pemerkosaan dimana-mana, pembunuhan dimana-mana, itu menandakan manusia mempunyai sifat hewani atau binatang. Dan dari sinilah kita tau mengapa memelihara kucing itu sunnah rasull supaya kita mempelajari dan memahami jangan sampai kita dikendalikan oleh hawa nafsu kita supaya kita tidak seperti binatang.

3. Iblis : Sifat iblispun ada dalam diri kita, itu pasti dan tidak bisa dipungkiri. Mengapa demikian? Karena manusia itu pasti pernah berbohong, berdusta, serta pernah marah dengan nada tinggi dan marah itu sifatnya panas dan panas itu muncul karena adanya api sedangkan iblis tercipta dari api. Disini kita bisa tau sifat iblispun ada dalam diri kita.

4. Malaikat : Terakhir sifat malaikat, sifat malaikatpun ada pada diri kita  dan kitapun bisa tau sifat malaikat itu jujur, dan taat. Jika ada saudara, teman, kerabat atau sahabat bertanya tentang suatu hal dan kita menjawab jujur sobat berati memiliki sifat malaikat bahkan jika kita di minta tolong orang tua di nasehati untuk ini itu dalam hal kebaikan dan kita mau dan taat tanpa pikir panjang berati sifat malaikat ada dalam diri kita.

Dari 4 sifat diatas semua ada dalam diri kita, terus apa lagi sih yang kalian ketahui tentang bumi? Ya, bumi terbagi atas 4 unsur dan 4 unsur itu berupa :

1. Tanah
2. Air
3. Api
4. Udara

Kira semua tau 4 unsur tersebut ada dibumi ini, tapi percaya ga sobat 4 unsur tersebut ada dalam diri kita? Saya akan jelaskan tentang 4 unsur bumi tersebut yang ada dalam diri kita dimulai dari :

1. Tanah : Di Al-Qur'an pun sudah dijelaskan bahwa manusia itu tercipta dari tanah dan Allah pun berfirman :

“Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia (Adam) dari tanah liat kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentuk“. (QS. Al Hijr: 26)

2. Air : Didalam tubuh kita ini ada unsur air, kita ambil contoh ... Kita haus minum air, dan kita disaat ingin buang air kecil mengeluarkan air, disini jelas manusia ada unsur airnya dan bumi itu ada makhluk yang bernama "Air"

3. Api : Ini sob api juga ada dalam diri kita bahkan sifat api pun ada dalam diri kita seperti yang sudah di jelaskan diatas tentang sifat iblis, didalam ilmu kedokteran atau media tubuh kita ada yang namanya proses pembakaran hanya saja bukan pembakaran dengan api melainkan melalui reaksi kimia tertentu dalam tubuh yang merupakan bagian dari metabolisme. Makanya ada suhu derajatnya tubuh manusia itu.

4. Udara : Makhluk mana yang ga membutuhkan udara? Ikan aja butuh udara apa lagi manusia, kita semua hidup menghirup udara. Dan disinilah kita tau manusia itu terdiri dari unsur udaranya, jika tidak ada udara mengalir dalam tubuh kita maka wafatlah kita.

Dari pembahasan diatas kita bisa tau betapa maha besarnya kuasa Allah menciptakan bumi serta penghuninya termasuk manusia, manusia itu adalah bumi atau dunia yang harus dikendalikan.

Siapa yang mengendalikan? Ya tentu saja diri kita sendiri jika segala sesuatu berlebihan maka akan berdampak buruk untuk diri kita sendiri, begitu pun sifat jika manusia mempunya sifat hewan dan iblis yang tidak bisa dikendalikan maka hancurlah manusia tersebut.

Dari sinipun kita tau bahwa bumi tempat singgah kita ini hanya sementara, di qur'an pun juga dijelaskan jika bumi itu hanya bersifat sementara sama hal nya kita. Kita ini manusia yang hidup hanya sementara yang nanti akan mati dan hancur menjadi tulang belulang dan rata dengan tanah hanya ada beberapa bagian tertentu yang di sisakan utuh sampai hari kiamat nanti.

Semoga postingan saya kali ini bermanfaat untuk sobat semua bahwa, kita hidup untuk apa dan untuk siapa jika kita tidak mengetahui untuk apa kita hidup dan untuk siapa kita hidup maka tersesatlah orang tersebut.

Sekian dari saya mohon maaf jika ada salah perkataan.

Wassalamualaikum.

Popluar

Luar Biasa Arti dan Makna Tersirat 2 Kalimat Syahadat

Mengetahui Arti Makna Tersirat Bacaan Tasbih

Takut Kok Sama Neraka? Ngarepin Kok Surga?

Arti Makna Tersirat Do'a Rasull Meminta Miskin