Arti Makna Tersirat Do'a Rasull Meminta Miskin

© Ini Hanya Gambar Contoh Orang Yang Sedang Berdoa


Bismillah,

Sob hari ini gue mau share nih tentang sedikit ilmu yang gue tau dan gue punya buat sobat semua dari pengalaman dan pelajaran yang udah gue dapet semoga ini bermanfaat ya sob.

Kali ini gue mau bahas soal do'a rasulullah soal doa meminta miskin yang bunyinya :

"Allahumma ahyinii miskiinan, Wa amitni miiskinan, Wahsyurni fii jumratil masakiin".

Yang Artinya : "Ya Allah, hidupkanlah aku dalam keadaan miskin, dan matikanlah aku dalam keadaan miskin, dan kumpulkanlah aku (Pada Hari Kiamat) dalam rombongan orang-orang miskin". (Hadits Riwayat Ibnu Majah, no. 4126)

Banyak orang salah presepsi tentang doa rasull yang satu ini, padahal nabi menganjurkan agar umat-umatnya selalu mengamalkan doa ini dimanapun kapanpun terutama disaat sesudah sholat fardhu & sunnah.

Pembahasan kali ini sob, gue akan jelasin secara rinci dan sejelas-jelasnya.
Jadi arti kata miskin yang dimaksud rasullullah SAW itu "Miskin Dosa" kenapa gue bisa bilang dosa?

Manusia mana yang ga pernah berbuat salah & berbuat dosa? Pasti ga akan ada sekalipun itu para nabi & rasull. Kalo Allah menitipkan amanah berupa harta benda secara lebih kepada hambanya gak mungkin kan ditolak.

Jika do'a rasulullah itu diartikan miskin harta, itu salah besar sob jika Allah memberikan kita amanah berupa titipan harta lebih lalu kita minta miskin berarti itu ga menikmati syukur dan karunia yang Allah beri sob!

Jadi Rasullullah meminta miskin itu karna baginda rasull merasa memiliki dosa dia merasa sama dan setara dengan kita, padahal jelas rasullullah makhluk yang di muliakan Allah SWT.

Tapi baginda rasull selalu meminta ampunan dosa karena bagaimanapun baginda rasullullah SAW merasa dirinya ga luput dari salah dan dosa.

Walaupun rasullullah dijamin oleh Allah SWT dosa-dosanya di ampuni sebelum atau sesudah melakukannya dan dijamin masuk surga oleh Allah , beliau masih tetap merasa dirinya sama dengan kita.

Yang kotor dan hina yang takut berbuat dosa dan takut adzab Allah. Mulia banget ya sob rasulullah udah dijamin segala-galanya sama Allah aja masih tetep rendah hati, padahal kita tau rasullulah itu mulia banget hatinya.

Nah penjelasan di atas kayanya sobat semua udah mulai mengerti apa arti doa rasull tentang miskin ini, jadi jagan bilang islam itu musuh besar dengan kekayaan.

Sekali lagi pengertian rasulullah untuk meminta miskin, dan dikumpulkan dengan orang-orang yang miskin itu sebenarnya miskin dosa sob rasull ga memandang mau dia kaya miskin atau sederhana begitupun Allah.

Baginda rasull hanya ingin hidup penuh ke ridho'an Allah dan berkumpul dengan orang-orang yang juga di ridhoi Allah yaitu orang yang miskin dosa karna bagaimanapun manusia pasti ga ada yang bersih dari dosa ya nggak makanya beliau mintanya miskin.

Disini juga kita bisa tau pesan baginda rasull yang lain tentang harta, pesan tersirat yang saya cerna yaitu agar utamakan untuk berdoa selalu meminta ampunan dahulu baru meminta yang lain.

Karna banyak nih kita liat orang doa nya minta sukses, cepet kaya, dapet jodoh yang baik ganteng atau cantik tanpa memikirkan dosa kita udah seberapa besar tapi kembali lagi kepada hak manusia itu masing-masing ingin berdoa dan meminta apa saja pada tuhannya.

Kalo aja kita bisa berdoa sama sambil bicara langsung sama Allah seperti nabi Musa, pasti kita udah diomelin kali ya sob kaya gini : Minta macem-macem lu sama gua dosa lu aja masih numpuk dasar manusia gatau diri bukannya utamain dulu minta maaf udah banyak ngelanggar aturan yang udah gua buat malah minta yang laen udah ngerasa suci lu, minta maaf dulu lu ama gua baru gua kasih apa yang lu mau? (Contoh sob hehehe)

Secara kan rezeki jodoh maut udah Allah jamin udah Allah atur juga, kita dikasih rejeki berlimpah, jodoh yang soleh/solehah, gausah diminta juga pasti Allah kasih, tapi Allah ngasih rezeki, jodoh, dan maut itu sesuai amal perbuatan sob.

Emang ga ada salahnya kita minta ini itu, cuma utamakan minta ampunin dosa kita dulu karna itu penting banget wajib. Kalo kita minta ama Allah, Allahnya masih gedek ama kita yang ada Allah ngasih asal-asalan sob sesuai amal perbuatan kan ga enak kalo kaya gitu.

Jadi intinya pesan rasull hanya utamakan meminta ampunan, baru minta yang lain soalnya ibarat orang udah bikin kita kesel tu orang ngerasa ga berbuat salah terus minta ini itu sama kita apa kita bakalan ngasih?

Kayanya mikir-mikir juga kan kalo mau ngasih sesuai apa yang tu orang minta hehehe, terus sob menghindari bermegah-megahan bukan berati kita harus miskin itupun rasull berpesan supaya kita semua ga kufur nikmat atau jadi lupa diri lupa Tuhan, lupa siapa yang memberi itu semua

Oh ya setiap rejeki yang kita dapat pasti ada penyakitnya sob " Lho ko gitu? "
Emang begitu yang gue tau, jadi setiap kita menerima rejeki di dalam rejeki kita itu ada hak orang lain yang harus kalo menurut gue sih wajib di sedekahin kalo kita makan semua pasti bakalan jadi penyakit.

Kita sedekahin jadi berkah, kita makan semua jadi penyakit begitu sob kira-kira, Mungkin cuma itu aja sob jawaban singkat yang bisa gue kasih mungkin masih banyak diluar sana yang berbeda pendapat.

Intinya selama itu positif, dan menju jalan Allah ya apa salahnya kita ambil ilmunya kita amalin secara pribadi. Saya juga pribadi masih banyak kekurangan dan banyak salah, ok sekian sob dari gue mohon maaf kalo ada salah perkataan.

Wasalamualaikum.

Popluar

Luar Biasa Arti dan Makna Tersirat 2 Kalimat Syahadat

Mengetahui Arti Makna Tersirat Bacaan Tasbih

Takut Kok Sama Neraka? Ngarepin Kok Surga?

Kita Itu Bumi?